Saturday, February 21, 2009

KEGAGALAN SAAT INI...KAN JADI CERITA INDAH BESOK KALA KITA SUKSES...!

Mungkin sebuah kegagalan, penderitaan....atau sebuah perjuangan yang berat dalam hidup kita, semua orang pernah mengalaminnya....! Pada saat kita mengalami kejadian tersebut.....mungkin kita akan menggerutu....akan bersumpah serapah....menganggap Tuhan tidak adil.......dlll! Karena aku pun pernah mengalamiya......heee!

Mungkin bisa sedikit aku ceritakan tentang kisah perjalanan hidupku......(kayak artis aja....heee).
Selepas lulus kuliah ......gini2 aku juga pernah kuliah lhoooo....di sekolah Ekonomi di Jogja tahun 2000, luluspun dengan predikat Cumlaude.....heeee dengan IP. 3,52 (aduh hebatnya...anak siapa dulu dong....dengan bangganya).

Dengan berbekal.......ijazah sarjana dan nilai yang tinggi ...aku mencoba mengadu nasib...di Jakarta! Dua tahun aku di jakarta.....dengan berbage kesibukan yang paling sibuk yaitu buat surat lamaran dan....wawancara....kerja! " Emang mudah bung cari kerja di jakarta dengan berbekal ijazah"!.....itu ejekan tugu monas bila aku sedang lewat ..! Dua tahun aku di Jakarta tanpa hasil.....ngak ada satupun perusahaan yang butuh tenaga dan pikiranku....bisa dibayangkan gimana perasaanku saat itu (nihhh lagi aku bayangin.....heee)! Akhirnya dengan langkah yang berat aku kembali ke kampung berkumpul lagi dengan keluarga tercintaku....dan tau nggak apa yang buat aku sangat sedih yaitu aku nggk bisa memenuhi harapan kedua orang tua......ku! Sedih deeeh!

Bulan2 pertama di kampung aku bingung....mau ngapa ....? Akhirnya aku merenung dan beradu argumentasi dengan diri aku sendiri.......tapi nggak gila lhoooo! Akhirnya dengan modal dari kakakku yang di jakarta aku putuskan untuk memelihara itik (bebek).....dengan jumlah awal yaitu 20 ekor...! Melihat perkembangannya lumayan bagus....akhirnya aku nambah lagi menjadi 100 ekor...! Yang menarik adalah bahan yang aku jadikan untuk makanan itik itu.....tau nggak frend...! Untuk menghemat biaya makan itik aku membuat sendiri campuran makanan itik tersebut.....karena kalau membeli consentrat nggak bisa seimbang dengan hasilnya...! Makanan dari itik tersebut yaitu dari sisa atau kotoran dari proses pembersihan ikan segar (betetan ikan) di pasar tepatnya di pasar kranggan Jogja...!

Yang lucu dan menarik adalah saat aku mengambil sisa ikan di pasar.....itu aku lakukan tiap hari sekitar jam 9...an lah.! Tau nggak gimana penampilan dan berpakaian waktu itu....????? Setiap mengambil sisa ikan di pasar aku selalu mengenakan pakaian khusus....kayak pakaian kerja gitulah....! Dengan jaket biru yang kumal....dengan celana jin yang nggak pernah dicuci dan nggak ketinggalan dengan penutup muka yang nggak pernah di cuci.....bisa dibayangkan bau ....nya! Campuran keringat dan bau amis darah ikan yang menempel di baju..........nggak kebayang deh baunya...! Itu lagi dari sisi pakaian...!


Tau nggak frend.....kenapa aku pake penutup muka ......jujur aja aku malu kalau ketemu sama teman atau siapalah yang kenal sama aku....maklum, tau kan perasaan anak muda gengsikan, gini2 aku masuk cowok ganteng lhooo! Banyak orang bilang tuuh! Tiap hari aku harus mengaduk2 ngaduk tempat sampah untuk mengambil sisa kotoran ikan......lalu memasukan ke ember yang aku bawa..! Yang paling menyakitkan adalah perilaku pedagang ikan yang kadang....buat sakit ati...! Kadang bila aku tanya dengan baek2 " Bu, ada sisa ikan nggk....? Dengan sombong dan angkuhnya pedagang itu nggak menjawab.....cuma tempat sampah didekatnya ditendangnya pake kaki ,disodorkan ke aku....! Sakiiiiit sekali ....rasanya! Ada lagi tuh, pernah suatu ketika pada waktu aku membawa sisa kotoran ikan pulang, dalam perjalanan ember yang aku bawa pecah di tengah jalan.....tau kan yang terjadi...sisa ikan yang aku bawa berserakan di tengah jalan....berhamburan dan menimbulkan bau yang menyengat.....! Tau nggk saat itu semua kendaraan berhenti......jalan macet.....orang marah2......! Dengan rasa yang agak kesel aku membersihkan sisa kotoran ikan di jalan.....sampai bersih. Hal ini sering terjadi pernah juga ember yang aku bawa pecah di depan warung makan......tau kan reaksi pemilik warung mereka marah2......karena buat polusi....heee! Ada lagi reaksi para tetanggaku yang dekat dengan kandang itik.......lebih parah lagi.....sering sekali mereka marah2..... mengirimi aku sms gelap yang berisi teror dan protes......maklum memang kandang itikku menimbulkan bau yang nggak sedap......! dan akupun menyadarinya.....heeeee! Saat itu aku merasakan untuk sekedar hidup mandiri aja susah bener.....banyak rintangan yang harus aku hadapi.....! Jujur aja kalau hanya untuk sekedar makan...main orang tua masih mampu untuk menanggungnya......dan mereka tidak keberatan....! Tapi apa kata dunia......!!! Dunia pasti berkata" Ko...! Kamu itu udah di biayai sekolah sampai lulus kuliah kok .....untuk sekedar uang saku ajaaa masih minta orang tua....! Apa nggak malu....?

Kebetulan minggu kemarin aku nonton Mario Teguh sang motivator.....di Metro TV. Kebetulan tema yang disajikan mempunyai kesamaaan dengan perjalan hidupku......yaitu bahwa kegagalan yang terjadi di masa lalu akan jadi sesuatu yang indah...di kala kita berhasil. Mungkin saat ini aku belum bisa dikatakan sukses dan berhasil.....aku sendiri masih dalam proses belajar.....! Tapi minimal saat ini aku bisa sedikit berbangga, dulu aku mencari pekerjaan itu betapa susahnya....sekarang ada beberapa orang bahkan banyak orang menggantungkan hidupnya pada usahaku....! Senang rasanya bisa berbuat sesuatu untuk orang lain.......! Senyum selalu tersungging bila aku teringat dengan kejadian kejadian masa lalu....dalam setiap sujudku aku cuma bisa berdoa "Ya Allah.....kuatkan aku...lancarkanlah usahaku...! Amin... dan satu lagi yakinlah bahwa Tuhan itu maha Adil....Tuhan tau apa yang terbaik bagi kita. dan tau apa yang nggak baik bagi kita.........tetep semangat....tetep berusaha.....jangan putus asa dan tetep berdoa.....pasrahkan semua pada-Nya

Yah inilah secuil perjalanan hidupku......walau nggak menarik dan membosankan semoga bisa sedikit memberi ispirasi dan motivasiiiiii......heeee!

9 comments:

  1. siapa bilang gak menarik?

    buktinya aku merasa termotivasi setelah membacanya. tks ya...

    ReplyDelete
  2. saya malah salut dengan mas tony..
    semoga sukses dan selalu semangat yah!!

    sesama jogja kie...

    ReplyDelete
  3. seperti kata orang, kegagalan adalah guru yang paling berharga

    ReplyDelete
  4. bikin shoutbox dong. biar ada buku tamunya

    ReplyDelete
  5. Pernah ikut seminar2 yang pembicaranya orang2 sukses di bidang masing2..??

    Saat yang paling membanggakan bagi dia, dimana dia akan bercerita dengan semangat adalah saat dia "berceloteh" tentang masa2 sulitnya, saat2 kegagalan "memeluknya" tapi akhirnya dia berhasil menggeliat dan bangkit....

    Kegagalan akan menjadi cerita indah saat kita berhasil melaluinya.....

    ReplyDelete